Minggu, 06 November 2022

Jurnal Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar

Kemampuan membaca merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang anak. Kemampuan anak dapat lebih mudah mempelajari dan menguasai bidang ilmu lainnya. Pembelajaran bahasa khususnya membaca sangatlah penting. Menurut Burus mengemukakan bahwa kemampuan membaca merupakan sesuatu yang vital sebab setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca.  Pendidikan anak usia dini tidak dituntut mengharuskan anak untuk bisa membaca secara lancer setidaknya padan usia tersebut diperkenalkan membaca permulaan, setidaknya anak mengenal urutan huruf sekaligus memahami bentuk-bentuk dari huruf sehingga memudahkan anak untuk belajar lancer membaca.

Pembelajaran bahasa khususnya membaca sangatlah penting. Menurut Burns dalam Rahim mengemukakan bahwa kemampuan membaca merupakan sesuatu yang vital sebab setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca. Pendidikan anak usia dini tidak dituntut mengharuskan anak untuk bisa membaca secara lancar setidaknya pada usia tersebut diperkenalkan membaca permulaan, setidaknya anak mengenal urutan huruf sekaligus memahami bentuk-bentuk dari huruf sehingga memudahkan anak untuk belajar lancar membaca.

Cara untuk memudahkan anak belajar lancer membaca adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Anak membutuhkan metode ini dapat dinyatakan berhasil apabila menggunakan media yang efektif, media efektif dinilai penting karena menjadi alat bantu dalam membentuk konsep bagi anak. Alat bantu ini berguna meningkatkan minat belajar anak. Penggunaan media atau alat pembelajaran akan memberikan variasi dalam proses pembelajaran sehingga anak tidak bosan.

Jumat, 04 November 2022

Jurnal Pengaruh Media Dadu Putar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak

Menurut Bromley dalam Dhieni dkk  mendefinisikan bahasa sebagai sistem simbol yang teratur untuk mentransfer berbagai ide maupun informasi yang terdiri dari simbol-simbol visual maupun verbal. Jadi dengan bahasa, anak mampu beinteraksi dengan orang lain menggunakan bahasa yang masih sederhana dan mudah dipahami oleh anak itu sendiri. Dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar nasional Pendidikan Anak Usia dini menjelaskan bahwa lingkup perkembangan bahasa meliputi tiga ranah yaitu memahami bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan.
 
Terkait dengan kemampuan bahasa anak usia dini yang sering terjadi dalam berbagai masalah yang dihadapi oleh anak ketika anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan bahasa. Entah dengan faktor ekskternal maupun faktor internal. Permasalahan ini sering terjadi ketika anak kurang diberikan perhatian yang lebih oleh guru maupun keluarganya, maka akibatnya anak itu sendiri akan mengalami keterlambatan dalam mengembangkan bahasanya dan sedikit mencerna apa yang dibicarakan yang dibicarakan oleh teman sekitarnya sehingga mneyebabkan anak tidak akan percaya diri dalam berbicara dan tidak berani berbicara ketika ditanya oleh siapapun. Sering kali juga kita ketahui  gurunya selalu beranggapan bahwa dirinya sebagai wadah atau sumber ilmu pengetahuan. Akan tetapi tidak memperhatikan metode yang digunakan dalam mengajar tidak bervariasi atau bersifat konvensional dalam mengumplementasikan meode pembelajaran.

Pengembangan bahsa merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi antara sesame manusia baik melalui lisan, tulisan dan maupun lewat bahasa isarat. Bahasa merupakan pengucapan, pemikiran dan perasaan yang tersistem dan teratur yang digunakan dalam berkomunikasi antara seseoranng yang terdiri dari menyimak, berbicara, membaca dan menulis.


Selasa, 01 November 2022

Jurnal Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini

Pembelajaran membaca di TK dapat dilakukan selama batas-batas aturan pengembangan pra-akademik serta mendasarkan diri pada prinsip dasar hakiki dari pendidikan TK sebagai taman bermain. Keterampilan membaca bukan merupakan tujuan untuma di Taman Kanak-kanak dan dilakukan melalui bermain. Oleh karena itu untuk keterampilan membaca, menulis dan berhitung tidak dilakukan secara klasikal, guru harus mampu menandai anak yang telah siap untuk menerima pengajaran yang lebih tinggi dan mampu yang bersifat individu atau kelompok kecil karena tidak semua anak mengalami tingkat perkembangan yang sama dan bila dipaksa dapat merugikan perkembangan anak selanjutnya.

Dalam perkembangan bahasa ada empat unsur yang selalu tergabung dalam satu kegiatan diantarannya mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.  Literasi membaca, lebih baiknya dibiasakan sejak usia dini, kerana setiap hari bahkan setiap kegiatan tidak luput dari membaca. Membaca merupakan sebuah proses untuk memahami makna tulisan. Dalam kegiatan membaca, proses yang dialami bagi pemula dalam memulai belajar membaca adalah dari mereka mengenal huruf satu persatu, kemudian satu kata, lalu mengenal kata, ungkapan, frasa, hinga kalimat, bahkan tingkat selanjutnya adalah menghubungkan antara bunyi dan maknanya.

Jurnal Peningkatan Bahasa Anak Usia Dini

Bahasa adalah suatu alat komunikasi yang digunakan melalui suatu system suara, kata, pola dan gambaryang digunakan manusia untuk menyampaikan pertukaran pikiran dan perasaan. Bahasa dapat mencakup segala bentuk komunikasi. Baik yang diutarakan dalam bentuk lisan, tulisan, bahasa isyarat, bahasa gerakan tubuh, ekspresi wajah dan gambar yang di tampilkan atau dilihat. Bahasa adalah sistem yang teratur berupa lambang-lambang bunyi yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran bahasa tersebut. Bahasa itu pada dasarnya adalah bunyi, dan manusia sudah menggunakan bahasa lisan sebelum bahasa tulisan seperti halnya anak belajar berbicara sebelum belajar menulis. 

Menurut gender fungsi bahasa bagi anak ialah sebagai alat mengembangkan kemampuan intelektual dan kemampuan dasar anak. Secara khusus bahwa fungsi bahasa bagi anak usia dini adalah untuk mengembangkan ekspresi perasaan, imajinasi, dan pikiran.

Pengembangan kemampuan berbahasa bagi Anak Usia Dini bertujuan agar anak mampu berkomunikasi secara lisan dengan lingkungannya. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan di sekitar anak antara lain teman sebaya, teman bermain,orang dewasa, baik yanga da di sekolah, di rumah, maupun dengan tetangga di sekitar tempat tinggalnya.Kemampuan bahasa Anak Usia Dini diperoleh dan dipelajari anak secara alami untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga anak akan mampu bersosialisasi, berinteraksi dan merespon orang lain.

Arab Saudi Merayakan Halloween

Perayaan halloween adalah tradisi (kebiasaan) orang kafir, berakar dari budaya paganisme yaitu kepercayaan menyembah berhala.
Setiap 31 Oktober, pada malam hari itu, mereka percaya orang yang memiliki kekuatan gaib akan berkumpul dan mengunjungi dunia yang dihuni manusia. Tradisi ini awalnya hanya di Eropa dan Amerika Serikat, tetapi kini semakin menyebar ke wilayah Asia, termasuk Indonesia dan bahkan Arab Saudi. 

Baru-baru ini, selain kerumunan yang membludak, tragedi Itaewon juga disebabkan oleh bentrokan di tengah kerumunan massa. Pengunjung pun banyak yang dilaporkan menggunakan narkoba. 

Perayaan Nairuz dan Mihrajan yang dirayakan penduduk madinah, isinya hanya bermain-main dan makan-makan. Tidak ada unsur ritual apapun. Mengingat dua hari tersebut adalah perayaan orang kafir, Nabi Muhammad melarangnya. 

“Rasulullah pernah datang ke Madinah sedangkan penduduknya memiliki dua hari raya (Nairuz dan Mihrajan). Pada kedua-duanya mereka bermain (bergembira) pada masa jahiliah. Lalu Baginda bersabda "Sesungguhnya Allah telah menggantikan kedua-duanya bagi kamu semua dengan dua hari yang lebih baik yaitu Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri" (HR. al-Nasaa’i). 

“Sesungguhnya Allah telah menggantikan bagi kalian untuk keduanya dua hari yang lebih baik dari keduanya, Idul Adha dan Idul Fitri.” [Imam Ahmad di dalam Musnadnya, No 11595].

Dalam surat Al-Hajj ayat 67 disebutkan: “Bagi setiap umat, Kami adakan satu syariat yang tertentu untuk mereka ikuti dan jalankan. Maka, janganlah ahli-ahli syariat lain membantahmu dalam urusan syariatmu; dan serulah (wahai Muhammad) umat manusia kepada agama Tuhan-mu karena sesungguhnya engkau berada di atas jalan yang lurus" (QS. Al-Hajj: 67). 

Sumber : Pak Mahmuddin

Minggu, 30 Oktober 2022

Download Film Aksi Terbaik 2022

Berikut ini daftar film aksi terbaik yang wajib kalian tonton di tahun 2022 ini

1. Black Adam 2022
(Synopsis)
Hampir 5.000 tahun setelah dia dianugerahi kekuatan maha kuasa dari dewa-dewa Mesir - dan dipenjara dengan cepat - Adam Hitam dibebaskan dari makam duniawinya, siap untuk melepaskan bentuk keadilannya yang unik di dunia modern.

2. Bullet Train 2022
(Synopsis)
Lima pembunuh di atas kereta peluru yang bergerak cepat mengetahui bahwa misi mereka memiliki kesamaan.

3. TOP GUN : Maverick 2022
(Synopsis)
Setelah lebih dari tiga puluh tahun bertugas sebagai salah satu penerbang top Angkatan Laut, Pete Mitchell berada di tempatnya, mendorong amplop itu sebagai pilot uji yang berani dan menghindari kemajuan pangkat yang akan membumikannya.

4. All Quiet On the Western Front 2022
(Synopsis)
Pengalaman dan kesusahan seorang prajurit muda Jerman yang menakutkan di front barat selama Perang Dunia I.

5. Detective Knight : Rogue 2022
(Synopsis)
Bruce Willis berperan sebagai Detektif veteran James Knight, yang didedikasikan untuk menavigasi jalan-jalan Los Angeles yang menuntut, dalam trilogi film pertama yang mendebarkan ini. Saat kota bersiap untuk Halloween, perampok bersenjata yang mengenakan topeng secara kritis melukai rekan Knight dalam baku tembak setelah pencurian. Dengan Knight dalam pengejaran panas, para bandit melarikan diri dari LA ke New York.

6. Hunt 2022
(Synopsis)
Sebuah film mata-mata korea yang berbasis di Perencanaan Keamanan Nasional tahun 1980-an.

7. Athena 2022
(Synopsis)
Beberapa jam setelah kematian tragis adik bungsu mereka dalam keadaan yang tidak dapat dijelaskan, tiga saudara kandung memiliki kehidupan mereka dilemparkan ke dalam kekacauan.

8. Thor : Love and Thunder 2022
(Synopsis)
Thor meminta bantuan Valkyrie, Korg dan mantan pacar jane foster untuk melawan Gorr the God Butcher, yang berniat membuat para dewa punah.

9. Doctor Strange in the Multiverse of Madness 2022
(Synopsis)
Doctor Strange bekerja sama dengan seorang gadis remaja misterius dari mimpinya yang dapat melakukan perjalanan melintasi multiverse, untuk melawan berbagai ancaman, termasuk versi alam semesta lain dari dirinya, yang mengancam akan memusnahkan jutaan orang di seluruh multiverse. Mereka mencari bantuan dari Wanda the Scarlet Witch, Wong dan lainnya.

10. The Killer (Jugeodo Dueneun Ai) 2022
(Synopsis)
Seorang pensiunan pembunuh bayaran setuju untuk merawat seorang gadis remaja tua, tetapi ketika dia terlibat dengan orang-orang yang tidak menyenangkan, dia harus menyelamatkannya.

Nah itu lah 10 film aksi terbaik di tahun 2022 ini sobat.

Sabtu, 29 Oktober 2022

Pembangunan Manusia dan Pertumbuhan Ekonomi Moderen

Manusia dalam perspektif ekonomi sering menjadi user dalam meningkatkan perekonomian suatu negara. User tersebut memiliki indikator tertentu seperti pendidikan, kesehatan dan sebagaimana dalam mewujudkan produktifitas. Pendidikan  cukup berpengaruh dalam menumbuhkan perekonomian di sebuah negara, karena pendidikan yang merefleksikan kemampuan yang berorientasi pada perekonomian modern sehingga membangun kemampuan manusia bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Hal ini terlihat dari kesuksesan dalam jenjang pendidikan seseorang yang bergantung juga pada sehat atau tidaknya seseorang. Karena kesehatan merupakan prasayarat bagi manusia yang termotivasi dalam peningkatan produktivitas. Dengan kata lain, kesehatan dan pendidikan dapat juga dilihat sebagai komponen inti dalam pertumbuhan dan pembangunan sebagai input bagi fungsi produksi agregat (Todaro, 2006)

Menurut (Todaro, 2006)) pembangunan manusia memiliki tiga komponen universal yang menjadi tujuan utamanya seperti:

  • Kecukupan, hal ini di artikan sebagai kebutuhan dasar manusia secara fisik. Meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan dan keamanan. Jika kebutuhan dasar ini tidak dipenuhi akan menghentikan kehidupan seseorang dan satu saja tidak terpenuhi akan menyebabkan keterbelakangan absolut.

  • Jati Diri, hal ini merupakan komponen psikologis manusia dalam menimbulkan dorongan dari diri sendiri untuk maju, untuk menghargai diri sendiri dan untuk merasa dirinya pantas dan layak mengejar sesuatu, dan seterusnya. Semua ini terangkum dalam self esteem.

  • Bebas dari Sikap Menghamba, hal ini merupakan kemampuan untuk memiliki nilai universal yang tercantum dalam pembangunan manusia adalah merdekanya manusia itu sendiri. Kemerdekaan dan kebebasan di sini diartikan sebagai kemampuan komitmen terhadap diri sendiri. Dengan adanya kebebasan, kita tidak hanya semata-mata dipilih tapi kitalah yang memilih.

Sebagaimana dikutip dari Human Development Report (Report, 1993), konsep penting dalam pembangunan manusia adalah:

  • Pembangunan harus memprioritaskan penduduk sebagaimana pusat perhatian. Pembangunan dimaksudkan untuk menyajikan pilihan-pilihan bagi penduduk, tidak hanya untuk meningkatkan pendapatan mereka. Oleh karena itu konsep pembangunan manusia harus terpusat pada penduduk secara keseluruhan, bukan hanya pada aspek ekonomi saja.

  • Pembangunan manusia berupaya meningkatkan kompetensi (kapabilitas) manusia tersebut secara optimal.

  • Pembangunan manusia didukung oleh empat konsep pokok, yaitu: produktifitas, pemerataan, kesinambingan, dan pemberdayaan.


Jika melihat Human development report pada empat konsep penting tersebut maka yang menjadi sasaran pembangunan manusia sebagai berikut:

  • Produktifitas sangat berpartisipasi penuh dalam proses pendapatan guna pemenuhan kebutuhan dan daya beli, sehingga peningkatan ekonomi ini merupakan bagian dari salah satu model pembangunan manusia

  • Pemerataan juga merupakan salah satu akses untuk meningkatkan sumber daya ekonomi dan sosial, pemerataan ini guna menekan hambatan sehingga manusia itu sendiri dapat berpartisipasi dalam kegiatan produktif sehingga meningkatnya kualitas hidup manusia itu sendiri dalam sebuah negara.

  • Kesinambungan, hal ini sangat perlu dalam membangun dan menjaga tingkat perkembangan manusia itu sendiri. Sehingga berupaya selalu memperbarui sumber daya fisik, manusia dan lingkungan.

  • Pemberdayaan ini bertujuan untuk memastikan manusia tersebut harus berpartisipasi penuh dalam keputusan dan proses yang akan menentukan (bentuk/arah) kehidupan mereka dan juga ikut terlibat dalam pengambilan keputusan dalam proses pembangunan. Pembangunan manusia menjadi dasar dalam penentuan tujuan pembangunan dan dalam menganalisis pilihan-pilihan untuk mencapainya.

Sehingga konsep pembangunan manusia seutuhnya merupakan konsep yang berupaya peningkatan kualitas hidup penduduk baik secara fisik, mental maupun secara spritual manusia itu sendiri. Bahkan secara eksplisit pembangunan yang dilakukan menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia yang berjalan bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi. Pembangunan sumber daya manusia secara fisik dan mental dalam penafsirannya agar peningkatan kapasitas dasar penduduk yang kemudian akan memperbesar kesempatan untuk dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan yang berkelanjutan.

Setelah konsep tersebut berjalan bersamaan dengan pembangunan  ekonomi, agar terpantu progres dari perkambangn itu sendir, maka dapat melihat dengan Indeks Pembangunan Manusia bertujuan untuk mengukur dampak dari upaya peningkatan kemampuan dasar tersebut, sehingga indikator dampak sebagai komponen dasar penghitungannya yaitu, pencapaian pendidikan yang diukur dengan angka kesadaran isu sosial ekonomi dan rata-rata lama sekolah, serta pengeluaran konsumsi. Dengan demikian nilai IPM suatu negara atau wilayah memperlihatkan seberapa jauh negara atau wilayah itu telah mencapai sasaran yang ditentukan yaitu pendidikan umum perspektif dasar dalam konsep ekonomi bagi semua lapisan masyarakat (tanpa kecuali), dan tingkat pengeluaran dan konsumsi yang telah mencapai standar hidup layak.

 Pembentukan modal manusia bertujuan untuk memperoleh dan meningkatkan jumlah manusia yang mempunyai keahlian dalam pendidikan, dan pengalaman yang mengarah bagi pembangunan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu pembentukan modal manusia ini dikaitkan dengan investasi jangka panjang pada manusia dan pengembangannya sebagai sumber yang kreatif dan produktif (Jhingan, 2012)

Jika Pembentukan modal manusia mulai signifikan maka pertumbuhan ekonomi terjadi sehingga terjadinya proses kenaikan produk nasional/pendapatan nasional. Dengan kata lain, perekonomian di sebuah negara mengalami perkembangan jika terjadi pertumbuhan output riil. Hal ini di perkuat oleh (Sukirno, 2000) Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan sebagai perkembangan kegiatan dalam proses perekonomian sehingga barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan berdampak pada kemakmuran masyarakat meningkat. 

Secara Khusus hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan manusia pada dasarnya bersifat timbal balik, hal tersebut berlangsung melalui dua jalur. Pertama melalui kebijaksanaan dan pengeluaran pemerinta, faktor ini dapat menentukan bagaimana pengeluaran pemerintah dan subsektor sosial yang merupakan prioritas, seperti pendidikan dan kesehatan dasar. Kedua yaitu faktor pengeluaran rumah tangga untuk kebutuhan dasar seperti pemenuhan nutrisi manusia dan anggotanya, dan juga biaya pelayanan kesehatan dan pendidikan dasar (UNDP, 1996)

Jika melihat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia seperti yang di sebutkan di atas, maka korelasi antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia akan terjadi dan berlangsung melalui penciptaan lapangan kerja dan ini sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor kelembagaan pemerintah karena keberadaanya sangat menentukan implementasi kebijakan publik, selanjutnya faktor distribusi sumber daya swasta dan masyarakat, modal sosial, lembaga swadaya masyarakat dan ormas karena tanpa distribusi sumber daya yang merata hanya akan menimbulkan frustasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan terhadap sistem dan sikap pemerintah misalnya dalam penguasaan lahan dll. Semua faktor-faktor tersebut berperan sebagai katalisator terhadap keberlangsungan hubungan timbal balik antara keduanya secara efisien

Selain itu pembangunan manusia akan mempengaruhi jenis produksi domestik, kegiatan riset dan pengembangan teknologi yang pada akhirnya mempengaruhi komposisi output dan ekspor suatu negara (Cahyadi, 2020). Selanjutnya Hubungan pembangunan manusia dengan pertumbuhan ekonomi berhubungan erat dan merupakan prasyarat terjadinya pembangunan manusia, karena meningkatnya pembangunan ekonomi sehingga akan mendukung peningkatan produktivitas melalui pengisian kesempatan kerja dengan usaha-usaha produktif sehingga meningkatnya pendapatan  (UNDP, 1996).

Namun perlu diperhatikan sebagaiman konsep pembangunan terhadap manusia berbeda dengan pembangunan yang memberikan perhatian khusus pada pertumbuhan ekonomi, asumsinya adalah pertumbuhan ekonomi juga pada akhirnya akan menguntungkan manusia. Pembangunan manusia ini sendiri mengarah kepada konsep yang lebih luas dan lebih konferensif yang mencakup dimensi yang di miliki oleh manusia pada semua segmen masyarakat dan semua segmen pembangunan. Dengan kata lain, pembangunan manusia merupakan bagian tujuan yang memiliki jangka panjang yang di tujukan pada masyarakat dan meletakkan pembangunan itu sendiri di sekeliling manusia, bukan melainkan manusia di sekeliling pembangunan tersebut. Selain itu Ramirez (1998) menyebutkan ada hubungan timbal balik (two-way relationship) antara  human capital dan pertumbuhan ekonomi. Studi Ramirez ini berangkat dari terdapatnya relasi dua arah antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan manusia (human development).

Penulis : Dhiya Ul Haqqi., S. Psi., M.si